Tips agar terhindar dari black hat SEO

50 Likes Comment

Tips agar terhindar dari black hat SEO – Kompetisi dan persaingan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian yang semakin sulit menjadikan beberapa orang melakukan segala cara, bahkan teknik ilegal yang dilarang seperti black hat SEO dan negatif SEO.

tips menghindari black hat seo
black hat seo

Walaupun sekarang Google semakin canggih untuk mendeteksi teknik black hat SEO namun cara ini masih bisa digunakan oleh kompetitor untuk memberikan SEO negatif ke website anda. Ini bisa mempengaruhi brand anda, karena akan diasosiasikan dengan hal-hal yang negatif dan buruk.

Seluruh industri SEO mengalami perubahan besar selama dua tahun terakhir ini. Mengakibatkan banyak pemasar marketing online dan pelaku SEO mengubah strategi yang mereka gunakan. Cara untuk mendapatkan peringkat tinggi atau halaman pertama di Google untuk kata kunci yang kompetitif tidaklah semudah seperti beberapa tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah panduan untuk membantu anda memahami dan bagaimana caranya agar dapat terhindar dari black hat SEO dan negatif SEO serta melindungi bisnis anda. Jika anda serius dalam membangun brand online, maka jangan abaikan hal ini.

Apakah black hat SEO itu?

Black hat SEO adalah praktik dalam melakukan optimasi website dan marketing online dengan teknik yang tidak etis dengan tujuan untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari seperti Google, Bing dan DuckDuckGo. Sedangkan negatif SEO adalah teknik black hat SEO yang sama yang digunakan dengan tujuan untuk menjatuhkan website kompetitor dengan cara yang tidak patut.

Berikut adalah teknik black hat SEO dan negatif SEO yang sering digunakan:

  • Melakukan hacking atau meretas situs web anda.
  • Membuat ratusan atau ribuan backlink spam ke situs.
  • Mencuri konten dari situs anda dan menyebarkannya di internet.
  • Membuat backlink dengan keyword kata kunci negatif dan buruk yang tidak berhubungan dengan situs anda.
  • Membuat akun sosial media palsu dengan tujuan merusak reputasi dan citra brand anda.
  • Menghapus backlink bagus yang dimiliki website anda.
  • Menulis review jelek pada bisnis anda.
  • Melakukan spam email mengatasnamakan usaha anda.

Berikut tips agar terhindar dari black hat SEO dan negatif SEO:

  1. Membuat akun Google Search Console

    Dengan menggunakan Google Search Console anda dapat melihat jika website mengalami kendala seperti terkena malware, halaman tidak bisa di-indeks, ada masalah konektivitas server yang tidak bisa diakses, mendapat penalti manual dari Google dll.
    Jika belum melakukannya maka sambungkanlah terlebih dahulu situs anda ke Google Search Console. Untuk melihat peringatan bisa diakses di menu bergambar lonceng dibagian kanan atas.
    google search console
  2. Pantau backlink yang mengarah ke situs anda.

    Ada banyak tools untuk mengecek backlink situs, yang paling sering digunakan adalah Ahrefs dan Moz. Cobalah untuk melihat apakah ada tautan dari website spam atau situs yang memiliki kualitas rendah (low quality website). Pastikan bahwa backlink dari situs yang memiliki reputasi dan authority yang tinggi. Jika anda menemukan tautan spam segera lakukan tindakan seperti mengontak pemilik website untuk menghapusnya atau bisa dengan memblokirnya lewat Google Search Console. Pilih disavow link untuk memberitahu Google bahwa anda tidak menginginkan link dari situs tersebut. Mau jasa cek backlink website dan kompetitor anda? Cek disini https://www.facebook.com/JasaSEOGratis/
  3. Proteksi website dari malware dan hacker.

    Gunakan server hosting yang sudah terkenal untuk hosting website anda. Jangan pilih hosting murahan tetapi tidak menjamin keamanan file situs anda. Jika anda menggunakan CMS seperti wordpress pastikan untuk selalu mengupdate engine WordPress yang terbaru dan juga update plugins serta template. Gunakan fitur verifikasi login ganda seperti Google Authenticator Plugin. Gunakan password yang tidak mudah ditebak dan jangan lupa untuk selalu membackup situs agar sewaktu-waktu jika bermasalah bisa di-restore seperti semula.
  4. Cek duplikasi konten.

    duplicate content
    Jika kita memiliki konten posting di situs yang sama, ini disebut duplicate content. Hindari duplikasi konten dengan menghapus posting yang sama. Cari di internet jika ada situs yang mencuri konten anda, dan laporkan ke Google melalui link berikut ini https://support.google.com/adsense/contact/violation_report
  5. Pantau akun sosial media.

    Cobalah untuk mencari informasi brand anda di sosial media, dan cek apakah akun tersebut adalah akun resmi. Jika menemukan akun palsu atau fake account, segeralah laporkan akun tersebut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.
    pantau sosiial media
  6. Tidak menggunakan jasa seo abal-abal.

    Jika anda menggunakan jasa seo, maka pastikan untuk menggunakan jasa seo yang bagus dan memiliki track record bagus. Cobalah untuk menunjukkan bukti klien dan keyword yang berada di halaman pertama. Penggunaan teknik SEO yang salah justru akan membuat website turun peringkatnya dan bahkan bisa diblokir Google. Mau jasa SEO gratis cek disini https://www.facebook.com/JasaSEOGratis/

Itulah beberapa tips untuk menghindari situs kita dari black hat SEO dan negatif SEO, semoga bermanfaat.

You might like

Tinggalkan Balasan